Tingkah Laku Seseorang dan Artinya

Diposting pada

Tingkah Laku Seseorang dan Artinya

Dalam berkomunikasi, tidak hanya katakata serta suara yang dapat ditangkap oleh lawan bicara, namun tingkah laku si pembicara akan mewakili apa yang hendak ia sampaikan. Misalnya ada orang yang mengatakan :’Ya, saya bahagia; namun dengan mimik yang cemberut, itu arti yang diterima lawan bicara adalah hal yang sebaliknya.

Ingat, 80% orang lebih mempercayai bahasa nonverbal atau apa yang tidak kita katakan. Jadi, tingkah laku atau gerakan tubuh, tidak akan membohongi lawan bicara karena itulah yang sebenarnya mewakili apa yang hendak si pembicara ungkapkan. Berikut ini ada beberapa bahasa nonverbal yang berbentuk gerak tubuh yang bisa menyampaikan pesan pada lawan bicara.

MENGAPIT LEHER

Apabila tangan mengayun ke atas dan mengapit tengkuk, maka yang diperlihatkan itu ada’lah amarah. Di zaman primitive gerakan seperti itu akan berakhir sebagai tamparan atau pukulan di kepala orang yang dihadapi. Tetapi, di masyarakat beradab, gerakan itu ditahan. Mereka yang mengerti bahasa tubuh paham akan kekuatan gerakan ihii.

TIDAK BISA DIAM

Dalam suatu situasi social, di pertemuan atau pesta dan kumpuI-kumpul. Jika kamu memainkan uang kecil dalam saku, membetulkan/mengecek kebersihan baju, bermain dengan rambut atau berkaca untuk mengecek make up, maka petunjuknya sudah jelas : kamu resah dan tegang.

MENARIK-NARIK CELANA

lnilah tingkah laku yang lebih sering dilakukan |aki-‘laki ketimbang perempuan. Kain dari satu kaki celana diangkat menunjukkan ketidakpercayaan, seakan orang itu baru saja melangkah ke dalam sesuatu yang menjijikkan dan ia sedang mencoba ’membuang kotoran’lepas dari celana.

BERSANDAR PADA DINDING

Apabila kamu bersandar pada dinding atau lubang pintu dengan cara santai dan terbuka, maka pesan yang akan kamu sampaikan adalah :”Jangan pergi.” Inilah satu cara untuk memperpanjang suatu percakapan, terutama disebuah kumpuI-kumpul social dan sejenisnya.

BERSANDAR PADA DINDING SAMBIL MENYILANGKAN TANGAN

Pesannya sangat jelas :’Jangan ganggu saya’.

MEMBUNGKUK

Gerakan ini adalah gaya lama untuk menunjukkan hormat atau ucapan terima kasih (atas perhatian penonton)

 CERMINAN

Apabila dua orang sedang berbicara dan kedua-duanya menemukan diri mereka dalam posisi yang sama, maka kejadian itu mengungkapkan rasa suka kepada satu sama lain. Orang bersama sering ”mencerminkan” satu sama lain dan bahkan mengatakan kata-kata yang sama pada saat yang bersamaan.

baca juga :

Ekspresi Wajah saat Berbicara dan Artinya

Ekspresi Wajah saat Berbicara dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *