Tingkah Laku Seseorang dan Artinya – Bagian 2

Diposting pada

Ingat, 80% orang lebih mempercayai bahasa nonverbal atau apa yang tidak kita katakan. Jadi, tingkah laku atau gerakan tubuh, tidak akan membohongi lawan bicara karena itulah yang sebenarnya mewakili apa yang hendak si pembicara ungkapkan. Berikut ini ada beberapa bahasa nonverbal yang berbentuk gerak tubuh yang bisa menyampaikan pesan pada lawan bicara.

MUKA BERHADAPAN MUKA

Tidak seperti cerminan, apabila dua orang berdiri berhadapan muka, tubuh berhadapan, maka keadaan seperti ini mencerminkan agresi yang ekstrim. Dalam keadaan normal, kaum laki-laki agak berpaling dari satu sama lain apabila mereka berbicara. Jika mereka menginginkan satu penyelesaian masalah, mereka memposisikan diri mereka hidung menghadap hidung dalam sikap yang sangat agresif ini.

MENGETUKAN JARI DI ATAS MEJA

Sebagian besar orang yang reflek melakukan gerakan ini, menandakan dia telah bosan dan ingin segera pindah dari tempat itu. Dan semakin bosan ketukannya semakin cepat.

MENUTUP MULUT DENGAN TANGAN

Orang yang reflek melakukan gerakan demikian, sebenarnya dia masih ragu dengan penjelasan kita. Biasanya orang yg bicara bohong juga akan melakukan gerakan ini, mengusap mulutnya walau hanya sekilas.

GENGGAMAN TANGAN DI SISI DAHI

Tingkah laku seperti ini, mungkin seseorang yang lagi berpikir keras atau bahkan ini adalah gerakan untuk mengejek kinerja kita.Tetapi dia tidak mengutarakan isi pikirannya secara terang-terangan.

MENGGAHUK TELINGA BELAKANG

Gerakan reflek ini mencerminkan kecemasan dan berpikir keras untuk berkelit dari masalah. Orang yang apabila ditanya dgn jawaban yg tidakjujur akan melakukan gerakan garuk-garuk ini.

MENGUSAP-USAP DENGAN KEDUA TELAPAK TANGAN

Biasanya orang yang melakukan gerakan ini, menandakan seseorang yang antusias karena mengharapkan pemberian dari lawan bicaranya (mengharapkan hadiah).

MENYILANGKAN TANGAN ATAU KAKI

Apabila seseorang melakukan gerakan seperti ini menandakan dia kurang setuju dengan pendapat lawan bicaranya, hampir dipastikan dia segera menyiapkan pertanyaan yang lebih detail lagi, atau ingin menguji kebenarannya.

PANDANGAN TIDAK FOKUS

Ia merasa terpojok dan tidak nyaman. ltu artinya ia sedang tidak mood untuk berbicara dan memintamu untuk menghentikan pembicaraan tanpa ia harus memalingkan tubuhnya dan meninggalkanmu.

MENYELIPKAN LIDAH DI ANTARA BIBIR

Ia berusaha menyembunyikan ucapannya. Gerakan seketika ini menandakan bahwa ia hampir saja membocorkan sebuah rahasia.

MEMEGANG PERGELANGAN TANGAN

Ia merasa tidak aman. Dia terlihat berusaha melindungi dirinya sendiri, dengan menggunakan tangannya sebagai tameng. Biasanya hal ini terjadi saat dia dikritik, disalahkan atau dihina.

BERBAGAI TINGKAH LAKU UNTUK MENENANGKAN DIRI:

  • Menyentuh/mengelus wajah/janggut
  • Mengusap dahi
  • Mengembungkan pipi dan menghembuskan Menjilat bibir/membasahi
  • Bersiul kecil/bergumam (berbicara sendiri)

baca juga :

Tingkah Laku Seseorang dan Artinya

Ekspresi Wajah saat Berbicara dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *