GERAK TUBUHMU DAPAT MENGARTIKAN PERASAANMU

Diposting pada

GERAK TUBUHMU DAPAT MENGARTIKAN PERASAANMU

Dalam berkomunikasi, tidak hanya kata-kata serta suara yang dapat ditangkap oleh lawan bicara, namun totalitas penampilan si pembicara akan mewakili apa yang hendak ia sampaikan. Misalnya ada orang yang mengatakan :’Ya, saya bahagia; namun dengan mimik yang cemberut, itu arti yang diterima lawan bicara adalah hal yang sebaliknya. Ingat, 80% orang lebih mempercayai bahasa nonverbal atau dari gerak tubuhmu.

Jadi, ekspresi atau gerakan apapun yang dibuat oleh tubuh, tidak akan membohongi lawan bicara karena itulah yang sebenarnya mewakili apa yang hendak si pembicara ungkapkan. Berikut ini ada beberapa bahasa nonverbal yang berbentuk gerak tubuh yang bisa menyampaikan pesan pada lawan bicara;

MENYIBAK RAMBUT

Ketika kamu menyibakkan rambut, gerakan ini mengandung arti gabungan dari grogi. Gerakan ini dianggap mampu menarik perhatian Iawan jenis dengan gaya yang elegan dan feminin. Menyibak rambut dianggap bisa membingkai wajah dan leher dengan lebih cantik.

BERKEDIP

Normalnya, seseorang berkedip sebanyak enam sampai delapan kali per menit. Namun, saat stres, kamu akan berkedip lebih sering.

MENGGIGIT BIBIR

Menurut psikolog sekaligus penulis buku The Nonverbal Advantage, Carol Kinsey Goman, ketika menggigit, mengisap atau menjilat bibir, kamu menggambarkan perasaan hati yang sedang dalam tekanan dan canggung.

MENGGARUK HIDUNG

Ketika sedang berbicara pada seorang teman dan ia menggaruk hidung, maka berhati-hatilah akan Ucapannya. Sebab, bisa jadi ia sedang berbohong. Ketika seseorang berbohong, maka adrenalinnya akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan pembuluh kapiler membesar dan membuat hidung menjadi gatal,” ungkap Michael Cunningham, psikolog dan profesor di University of Louisville, AS.

MENUTUP MATA

Tak ada orang yang senang dengan pembicara yang terlalu banyak mengoceh. Perhatikan lawan bicara, jika ia menutup matanya selama beberapa detik, atau menggosok-gosok matanya, maka bisa jadi ia tak tertarik mendengarkan ocehanmu. Gerak ini menjadi isyarat visual untuk mencegah pendengaran tertentu yang tak diinginkan. Selain itu, hal ini juga menjadi mekanisme bertahan hidup untuk mencegah otak mengolah berbagai hal yang tak diinginkan.

MENURUNKAN PANDANGAN

Gerak ini merupakan isyarat supaya kamu berbicara dengan lebih lemah lembut. Biasanya hal ini sering kali dilakukan oleh anak kecil untuk mencari respons orang tuanya. Jika seseorang melakukan hal ini, maka kemungkinan besar ia sedang mencari empati. Maka, bersikaplah lebih lembut padanya.

baca juga :

GOLONGAN DARAH AB  dan GOLONGAN DARAH O

GOLONGAN DARAH B 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *