Ekspresi saat Berbicara dan Artinya

Diposting pada

Ekspresi saat Berbicara dan Artinya

Dalam berkomunikasi, tidak hanya kata-kata serta suara yang dapat ditangkap oleh lawan bicara, namun totalitas penampilan si pembicara akan mewakili apa yang hendak ia sampaikan. Misalnya ada orang yang mengatakan :’Ya, saya bahagia; namun dengan ekspresi yang cemberut, itu arti yang diterima lawan bicara adalah hal yang sebaliknya.

Ingat, 80% orang lebih mempercayai bahasa nonverbal atau apa yang tidak kita katakan. Jadi, ekspresi atau gerakan apapun yang dibuat oleh tubuh, tidak akan membohongi lawan bicara karena itulah yang sebenarnya mewakili apa yang hendak si pembicara ungkapkan. Berikut ini ada beberapa bahasa nonverbal yang berbentuk gerak tubuh yang bisa menyampaikan pesan pada lawan bicara;

MENGERUTKAN BIBIR [CEMBERUT]

Menurut Paul Ekman, profesor di University of California, gerakan ini merupakan sebuah tanda kemarahan.

MEMIRINGKAN KEPALA

Tanpa disadari ketika mendengar cerita teman, kamu memiringkan kepala.Ternyata hal ini bukan berarti kamu bosan mendengar ceritanya, tetapi sebaliknya, gerakan ini justru menunjukkan bahwa kamu tertarik mendengarkannya. Secara hsik, kamu menunjukkan bahwa kamu tertarik dan ingin mendengar semua detail cerita.

MENAIKKAN ATAU MENGERUTKAN ALIS

”Menaikkan alis di satu atau kedua mata menunjukkan ekspresi rasa ingin tahu dan ketertarikan akan suatu hal,” ungkap Laura Guerrero, profesor komunikasi di Arizona State University Hugh Downs School of Human Communication. Dan sebaliknya, mengerutkan alis menunjukkan emosi yang negatif, seperti kebingungan dan ketakutan.

MENGEDARKAN PANDANGAN KE ATAS ATAU SAMPING

Ketika seseorang mencoba bercerita dan mengingat sebuah kejadian yang dilihatnya, maka bola matanya akan bergerak ke sudut dan melihat ke atas, seolah ia mencoba membayangkannya kembali. Sedangkan jika ia mencoba mengingat sesuatu yang didengarnya, maka bola matanya akan bergerak ke arah samping menuju salah satu telinganya, seolah ia mencoba mendengarkan cerita kembali.

MEMBUKA ATAU MENUTUP TELAPAK TANGAN

Gerakan membuka telapak tangan seperti sedang akan menyajikan makanan mengindikasikan sosok yang terbuka. Jika kondisinya gerakan tangan ini dilakukan saat dalam suasana pertemuan atau rapat, artinya orang tersebut terbuka dengan ide yang dituangkan dalam forum tersebut. Sementara, jika posisi telapak tangan menghadap ke bawah atau mengepalkan tinju artinya orang tersebut berada dalam posisi kuat. Petanda lainnya adalah orang  tersebut tidak terlalu fleksibel.

MEMAINKAN LENGAN SAAT BICARA

Jika saat bicara kamu menunjukkan gerak tubuh yang berlebihan dan terlalu bersemangat menunjukkan kamu tidak bisa dipercaya dan tak berdaya. Saat takut atau khawatir, sangat memungkinkan gerak tubuhmu terlalu berlebihan.

baca juga :

GERAK TUBUHMU DAPAT MENGARTIKAN PERASAANMU

GOLONGAN DARAH B 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *