Ekspresi Wajah saat Berbicara dan Artinya

Diposting pada

Ekspresi Wajah saat Berbicara dan Artinya

Dalam berkomunikasi, tidak hanya katakata serta suara yang dapat ditangkap oleh lawan bicara, namun totalitas penampilan si pembicara akan mewakili apa yang hendak ia sampaikan. Misalnya ada orang yang mengatakan :’Ya, saya bahagia; namun dengan mimik yang cemberut, itu arti yang diterima lawan bicara adalah hal yang sebaliknya. Ingat, 80% orang lebih mempercayai bahasa nonverbal atau apa yang tidak kita katakan. Jadi, ekspresi wajah atau gerakan tubuh, tidak akan membohongi lawan bicara karena itulah yang sebenarnya mewakili apa yang hendak si pembicara ungkapkan. Berikut ini ada beberapa bahasa nonverbal yang berbentuk gerak tubuh yang bisa menyampaikan pesan pada lawan bicara.

MENYEMBUNYIKAN TANGAN

Menyembunyikan tangan di pangkuan, dalam kantong celana atau jaket, di belakang badan, menunjukkan gerakan ketidakjujuran atau kebohongan. kamu seperti sedang menyembunyikan sesuatu dari orang lain atau dari lawan bicara.

”Orang yang bicara dengan gestur seperti ini sedang memberitahukan Anda tentang sesuatu hal, tetapi dengan gerakan menyembunyikan tangan, artinya .ia tidak sedang memberikan sesuatu secara utuh, ada yang disembunyikannya,” papar Anita Barbee, profesor ilmu sosial dari University of Louisville, Kentucky.

MENCUNGKIL KUKU DAN MENGGIGIT KUKU

Saat sedang bicara, jika kamu bermain-main dengan kutikula di ujung jari atau kuku menandakan kamu tidak percaya diri dan penakut.

BERDIRI TEGAK

Postur tegap dan tegak mengatakan bahwa kamu percaya diri, jujur dan berhasil.

LANGKAH LEBAR, LANGKAH KECIL

Dengan menggunakan seluruh kaki untuk berjalan, mengambil langkah lebar dan punggung dan kepala tegak menunjukkan sikap percaya diri dan jujur, berani. Sebaliknya, berjalan dengan langkah kecil sementara bahu membungkuk membuat orang tampak tidak percaya diri dan rentan.

SAMBUTAN RAMAH

Dengan jarak’dekat’, ekspresi wajah dengan mengangkat alis apabila kalian pertama-tama berjumpa dengan seseorang. Membuat kalian tampak berminat, lincah dan siaga.

BERDEKATAN

Apabila kamu berjarak terlalu dekat dengan lawan bicara, mengakibatkan seuasana tidak nyaman. lni merupakan gerakan agresif yang memperlihatkan bahwa kamu tidak menghormati batas dan jarak pribadi orang lain. Keadaan seperti itu membuat orang menjadi pasif, merasa tidak aman dan defensive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *